Monday, March 5, 2012

Asal Usul Ungkapan "Makan Hati" versi Gue

"Ah makan ati gw kalo nge-sms dia, kagak pernah dibales!" - sebut saja Bunga, remaja lagi galau.
Mungkin di antara kalian semua pernah ngerasain seperti apa yang dirasakan Bunga. Kalian pasti pernah ngerasain yang namanya "Makan Hati", baik dalam arti sebenarnya maupun arti kiasan. Makan Hati itu semacam ungkapan yang berarti kesel, dongkol, karena perbuatan orang lain. Kalo kata wikipedia Indonesia, peribahasa lengkapnya "Makan Hati Berulam Jantung" artinya suasana hati sangat sedih; seperti orang tua melihat kelakuan anaknya yang buruk yang sukar diperbaiki. Kalo kata wikipedia Malaysia, artinya bersusah hati kerana perbuatan orang lain yang menyedihkan hati. Sama aja sih sebenernya. (Plis jangan ampe ada berita kalo ungkapan aja saling klaim milik siapa).

Oke, terus? Kenapa gw tiba-tiba ngomongin peribahasa itu? Sebenarnya ini pikiran gw pas lagi jobless aja. Kebetulan gw juga waktu itu lagi makan hati alias dongkol karena berita gw gagal naek gara-gara spacenya dipake iklan. Mungkin karena berita gw gak penting juga. Tapi itu lembaran khusus, 3 halaman ilang semua dipake iklan. Sebagai wartawan baru, itu pengalaman baru bagi gw karena baru pertama kali ngerasain begitu. Tapi ya sudahlah mau gimana lagi, toh media juga gak bakalan bisa hidup tanpa iklan. Hanya saja pasti bagian redaksi alias berita yang bakal jadi korban.

Cukup curhatnya. Nah pas lagi dongkol itu, tiba-tiba gw kepikiran "Kenapa kalo kesel itu istilahnya 'makan hati' ?". "Apa karena rasa hati itu pait?" Lah gw makan hati yang disemur buatan nyokap enak-enak aja tuh. Kalo makan hati itu diartikan seperti itu karena rasa hati yang pait, kenapa peribahasanya nggak 'makan pare' atau 'makan brotowali' yang jelas-jelas lebih pait? *emotikon kesel* Sebenernya emang gak penting juga sih mikirin yang kayak gini, tapi ini terus mengusik gw.

Dalam perjalanan balik ke rumah, tiba-tiba gw teringat cerita legenda rakyat Jawa Barat, yaitu Sangkuriang. Cerita singkatnya gini, ada seorang putri raja yang cantik bernama Dayang Sumbi. Banyak raja yang ingin melamarnya, tapi semuanya ditolak. Raja-raja yang galau tersebut pun berperang. Sementara itu si Dayang Sumbi pergi mengasingkan diri ditemani seekor anjing jantan bernama Si Tumang.

Satu ketika Dayang Sumbi menenun di atas pohon. Tiba-tiba toropong (torak) yang lagi dipakenya jatuh ke bawah. Karena dia males buat ngambil, dia berjanji siapa pun yang mengambilkan torak yang jatuh itu kalo cowok, akan dijadikan suaminya. Lalu ternyata si Tumang yang ngambilin torak itu. Dayang Sumbi yang udah kepalang janji akhirnya menikah dengan si Tumang dan melahirkan bayi laki-laki diberi nama Sangkuriang.

Sangkuriang ceritanya udah gede. Lalu disuruh ibunya, Dayang Sumbi, untuk berburu dengan ditemani si Tumang. Sangkuriang belum tau kalo si Tumang itu bapaknya. Sampai di hutan, si Tumang disuruh ngejar babi betina, tapi dia gak mau. Karena kesel, dibunuhlah si Tumang oleh Sangkuriang. Hatinya dibawa dan dikasih ke Dayang Sumbi yang kemudian memasak dan memakannya. Pas Dayang Sumbi tau kalo hati yang dia makan itu hati si Tumang, suaminya, ia murka dan memukul kepala Sangkuriang ampe berdarah. Sangkuriang pun diusir dan pergi mengembara....

Oke kita stop sampai di sini dulu ceritanya, buat yang mau baca cerita lengkapnya cari aja sendiri buku cerita rakyat atau baca di sini. Kalo gw cermati, dari cerita itu, gw mikir si Dayang Sumbi kesel banget ampe mukul anaknya sendiri ampe berdarah gara-gara makan hati (dalam arti sebenarnya) suaminya sendiri, si Tumang. Dari kejadian itu, dulu mungkin tiap orang yang lagi kesel diledekin sama temen-temennya, "Kenapa sih dongkol banget kayaknya, makan hati lu ya?" Gitu kali. Karena sering dipake orang-orang, itu jadi turun temurun dari jaman Sangkuriang ampe jaman sekarang. (hey, it's #rhyme!) Mungkin kalo jaman sekarang "Lagi PMS" atau "Lagi dapet" itu konotasinya bisa aja jadi "Lagi kesel" atau "lagi marah".

Nah IMSO (in my sotoy opinion), mungkin dari sinilah asal mula kenapa perasaan kesel, sedih, dongkol, dan sejenisnya karena perbuatan orang lain itu diistilahkan dengan "Makan Hati". Entah bener apa nggak, kebetulan atau nggak, itu cuma analisis dan pemikiran iseng bin ngasal gw.

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kok dihapus ki? padahal gw seneng ada yang komen meskipun lu lagi lu lagi :)))

      Iya nih, gw masih suka kebawa-bawa kebiasaan di twitter pas nulis. Hahha.

      Ajarin gw ngeblog yang asik kek lu dong ki. Masih nubitol nih. :D

      Delete